Kamis, 12 Februari 2015

POTENSI ANGGREK SEBAGAI TANAMAN OBAT

POTENSI ANGGREK SEBAGAI TANAMAN OBAT


Oleh

                          Ade Ayu Nuranini                        B1J011009
                          Yuli Wulandari                             B1J010071
                          Prasadhana Tungga Dewa           B1J010079



Makalah Tugas Terstruktur Orkhidologi




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS BIOLOGI
PURWOKERTO
2014


I.                Pendahuluan


Anggrek adalah kelompok yang paling banyak di alam dari tanaman berbunga dan memiliki tersebar di seluruh dunia dari daerah tropis ke  daerah alpine yang tinggi . Anggrek menunjukkan berbagai keanekaragaman dalam ukuran, bentuk dan warna bunga mereka. Meski secara umum tumbuh sebagai tanaman hias , banyak juga yang digunakan sebagai obat herbal dan makanan. Anggrek memiliki nilai budaya di berbagai suku dan budaya di berbagai belahan dunia . Anggrek telah digunakan di berbagai belahan dunia dalam sistem pengobatan tradisional serta dalam pengobatan sejumlah penyakit sejak zaman kuno. Meskipun Orchidaceae dianggap sebagai keluarga terbesar dari kerajaan tanaman , beberapa studi telah dilakukan mengenai sifat obat mereka. Menghubungkan pengetahuan asli anggrek obat untuk kegiatan penelitian modern memberikan pendekatan baru yang handal , untuk penemuan obat baru, jauh lebih efektif daripada dengan hanya percobaan acak dari koleksi. Banyak dari anggrek jenis ini menghadapi bahaya ekstrim kepunahan karena eksploitasi berlebihan dan hilangnya habitat (Pant, 2013).

Pada beberapa abad yang lalu, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan teknik pengobatan herbal yang menggunakan bahan dari tumbuh-tumbuhan. Penggunaan obat tradisional dengan bahan tanaman Anggrek telah digunakan dalam pengobatan tradisional dalam upaya untuk mengobati banyak penyakit. Mereka telah digunakan sebagai sumber obat herbal di Cina sejak 2800 SM. Gastrodia elata adalah salah satu spesies anggrek dari genus Gastrodia adalah salah satu dari tiga jenis anggrek yang tercantum dalam Materia Medica yang  pertama dikenal di Cina sebagai jenis anggrek yang digunakan untuk pengobatan(Shennon bencaojing).


II.              PEMBAHASAN


Orchidaceae dianggap sebagai keluarga terbesar dari kerajaan tumbuhan terdiri dari 25,000-35,000 spesies. Studi mengenai sifat obat mereka sangat terbatas. Informasi sebatas nilai-nilai obat anggrek mengenai sifat terapeutik. Kompilasi informasi mengenai efek obat sangat penting untuk memberikan acuan bagi pengembangan obat banyak penyakit  saat ini. Sebagai contoh, terdapat beberapa anggrek dari subtribe Dendrobiinae telah digunakan secara ekstensif sebagai obat dan suplemen kesehatan di Cina dan sekitarnya. Shih – Hu (Obat yang menggunakan bahan dasar puluhan jenis Dendrobium-khususnya Dendrobium nobile) menyandang predikat obat yang berharga dan telah digunakan semenjak zaman Dinasti Han (200 SM). Beberapa spesies Dendrobium yang bersangkutan telah dibudidayakan untuk dikirim ke daerah dimana banyak terdapat komunitas Etnik Tionghoa yang tersebar di seluruh dunia, sementara Dendrobium moniliforme masih mengandalkan kiriman dari Jepang. Shih – Hu artinya ‘Batu Kehidupan’, mengacu kepada tanaman tersebut yang memiliki sifat tahan suhu dingin dan menguatkan yang sesuai dengan doktrin ketimuran dimana suatu sifat ke’obat’an tanaman tersebut harus sesuai dengan karakteristiknya. Secara tradisional digunakan sebagai tonik untuk memperkuat sistem yin yang berhubungan dengan umur panjang dan kejantanan. Dendrobium nobile mengandung beberapa alkaloid, salah satunya adalah dendrobine yang mengendalikan dan memicu aktifitas farmalogikal.
Di Papua Nugini daun dari Dendrobium sp. digunakan untuk meredakan batuk dan juga beberapa spesies dari seksi Monanthos digunakan untuk menghentikan pendarahan dalam. Orang India menggunakan Dendrobium monticola dan Dendrobium ovatum untuk menghaluskan kulit, sementara Dendrobium moschatum digunakan untuk mengobati sakit telinga. Dendrobium bifarium, Dendrobium planibulbe, dan Dendrobium purpureum digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit kulit di Indonesia. Dendrobium crumenatum digunakan sebagai obat untuk sakit telinga dan peradangan pada telinga di Malaysia dan Jawa. Di Queensland dikenal Dendrobium discolor sebagai obat infeksi dan minyak gosok untuk infeksi cacing gelang. Dendrobium hymenanthum digunakan untuk menggunakan penyakit edema / busung air di daerah Malaysia bagian barat. Dendrobium subulatum digunakan di Malaysia untuk meredakan sakit kepala, dan di Tahiti daun Dendrobium crispatum yang telah dimemarkan digunakan untuk menghilangkan sakit kepala dan sakit akut. Dendrobium taurinum di Philipina digunakan untuk mengatasi kerontokan. Beberapa jenis anggrek juga digunakan sebagai obat kejantanan seperti Dendrobium acinaforme di Ambon, Dendrobium chryseum di India, Dendrobium moniliforme di Taiwan dan Korea, dan Dendrobium nobile di Cina.
Batang berdaging yang kaya mukopolisakarida mirip dengan dua spesies dengan morfologi dan obat sifat penting, Dendrobium officinale, dan Dendrobium huoshanense, menunjukkan Dendrobium wangliangii mungkin memiliki nilai obat tinggi yang dikonfirmasi oleh fakta bahwa penduduk setempat mengumpulkan untuk keperluan pengobatan. Selain itu, tanaman memiliki nilai hias tinggi karena bunga-bunga merah muda yang besar dan mencolok yang sangat menarik dibandingkan dengan berdaging kecil batang (Zhao, D., 2013)


III.            KESIMPULAN

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa:
1.     Terdapat Anggrek yang memiliki efek obat, seperti Dendrobium monticola dan Dendrobium ovatum untuk menghaluskan kulit, Dendrobium purpureum digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit kulit, Dendrobium crumenatum digunakan sebagai obat untuk sakit telinga dan peradangan pada telinga, Dendrobium discolor sebagai obat infeksi dan minyak gosok untuk infeksi cacing gelang, Dendrobium hymenanthum digunakan untuk menggunakan penyakit edema / busung air, Dendrobium subulatum digunakan untuk meredakan sakit kepala, dan Dendrobium taurinum digunakan untuk mengatasi kerontokan.
2.     Anggrek yang memiliki efek obat terancam punah karena aktivitas manusia dan berkurangnya habitat.



DAFTAR REFERENSI

Hias, F.Rahardi, Sri Wahyuni, Eko M. Nurcahyo. 1993. Agribisnis Tanaman. Jakarta: Penerbar Swadaya

Osman, Fiyanti, dan Indah P. 1989. Anggrek Dendrobium. Jakarta: Penebar Swadaya IKAPI.

Pant, Bijaya. 2013. Medicinal orchids and their uses: Tissue culture apotential alternative for conservation. African Journal of Plant Science 7(10): 448-467

Sutarni M. Soeryowinoto, Merawat Anggrek , Jakarta: Penerbit Yayasan Kanisius,

Zhao, D., Guangwan H., Zhiying C., Yana S., Li Z., Anjun T. and Chunlin Lo. 2013. Micropropagation and in vitro flowering of Dendrobium wangliangii: A critically endangered medicinal orchid. Journal Medical Plants Research 7(28): 2098-2110

Tidak ada komentar:

Posting Komentar